blog post

PENDAHULUAN

Akademi Analis Kesehatan Harapan Bangsa merupakan salah satu perguruan tinggi swasta tempat berlangsungnya kegiatan proses belajar dan tempat berlangsungnya Visi, misi dan tujuan perguruan tinggi mewujudkan kegiatan tri dharma perguruan tinggi. Prestasi dan prestise kampus sangat ditentukan oleh potensi civitas akademika yang terdiri atas dosen dan mahasiswa. yang dimaksudkan dengan dosen adalah staf perguruan tinggi yang bertugas mengajar dan membimbing para mahasiswa.  sedangkan mahasiswa adalah peserta didik yang terdaftar dan belajar di perguruan tinggi. selama menempuh pendidikan, setiap mahasiswa didampingi oleh dosen wali (pembimbing akademik) yang memberikan pelayanan konsultatif akademik dan mengikuti perkembangan mahasiswa sejak memasuki dunia kampus hingga masa studi berakhir.

POTENSI MAHASISWA

Sebagai peserta didik yang terpilih melalui seleksi, mahasiswa perguruan tinggi mempunyai potensi sebagai pemikir, tenaga ahli dan tenaga profesional, serta sekaligus sebagai penopang pembangunan masyarakat, bangsa dan negara. Sebagai bagian dari generasi muda, mahasiswa dijadikan panutan, tumpuan dan harapan para pelajar, pemuda dan masyarakat di sekitarnya. Mahasiswa memiliki kebebasan akademik yang memberi peluang untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penguasaan metoda dan berbagai teori.

KEGIATAN KEMAHASISWAAN

Wahana untuk menampung kebutuhan dan menyalurkan minat serta pengembangan diri mahasiswa adalah organisasi kemahasiswaan.  upaya perguruan tinggi dalam pengembangan diri pribadi mahasiswa diwujudkan dalam bentuk kegiatan kemahasiswaan seperti :

  1. Pembinaan sikap berpikir ilmiah : forum komunikasi ilmiah, penelitian, karya tulis ilmiah, karya inovatif produktif, prestasi akademik, dll.
  2. Pembinaan sikap hidup bermasyarakat : bakti sosial (penyuluhan, donor darah, penerapan teknologi, dll), olah raga, kerohanian, seni dan budaya, serta kegiatan khusus (pramuka, menwa, dll).
  3. Pembinaan sikap kepemimpinan : organisasi kemahasiswaan, kepanitiaan, kaderisasi, latihan kepemimpinan, dll.
  4. Pembinaan sikap kejuangan : upacara hari besar nasional, kegiatan/lomba prestasi tingkat nasional/internasional (lkti, lkip, dll)

FASILITAS PENUNJANG

untuk menunjang kegiatan kemahasiswaan, perguruan tinggi dilengkapi dengan fasilitas penunjang antara lain : masjid atau mushalla, gelanggang olah raga, kantin, koperasi, ruang tempat organisasi mahasiswa.

 

  • Bagikan